Definisi Perlindungan Merek

Ya, merk merupakan hal yang amat penting untuk memberi jaminan kualitas kepada produk ataupun jasa yang kita jual. Saat ini sangat banyak pebisnis kecil ataupun besar yang memberikan nama kepada merk mereka. Tapi, kadang mereka melupakan tentang definisi dari perlindungan merk. Beberapa pengusaha menggunakan merk dari produk lain untuk mendompleng kepopuleran produk mereka. Ada pula perusahaan yang jadi korban dari pelanggaran hak merek. Bila kita bicarakan secara rinci, bakal ada 2 pihak yang ikut andil didalam kasus pelanggaran hak merk. Kesatu, orang-orang yang diuntungkan. Petugas  yang diuntungkan merupakan mereka yang mencuri nama merk dari produk yang telah ada, kemudian memakai merk itu didalam produk mereka. Mereka kemudian mempromosikan produk itu serta memperoleh untung besar sebab banyak customer yang beranggapan produk mereka sebagai produk yang serupa dengan produk yang telah ditiru.

Semua Tentang Merek

Kemudian, pihak kedua merupakan pihak yang dirugikan. Pihak yang dirugikan merupakan pihak yang merk produknya digunakan oleh produk perusahaan yang lain. Dengan demikian, maka pelanggan mereka menjadi berkurang sebab telah terkecoh untuk membeli produk lain yang sudah menirunya. Didalam kasus ini, orang-orang ini pun sungguh-sungguh rugi sebab merk mereka sudah dijiplak serta mereka tidak memperoleh royalti dari pemakaian merk mereka. Nyatanya, pastinya satu merk jadi populer karena proses promosi yang tidak gampang. Perusahaan yang menggunakan merk lain pastinya memperoleh untung besar tanpa menjalankan promosi yang optimal. Membicarakan tentang definisi perlindungan merek hal itu adalah hal yang begitu penting untuk para pebisnis yang telah mempunyai produk dengan merk ngetop. Dengan punya perlindungan merk, maka merk itu dilindungi dengan aturan perudang-undangan serta sertifikat hak atas kekayaan intelektual. Ya, merk tergolong kekayaan intelektual hingga jika kita telah mendaftarkan satu merk ke HKI, maka merk itu bakal memperoleh perlindungan dengan cara hukum. Perlindungan itu umumnya berlangsung sepanjang 10 tahun semenjak terdaftar, tapi masih boleh diperpanjang.

Seperti apa cara memperoleh perlindungan merek? baca disni! Sebetulnya, cara memperoleh perlindungan merk lumayan simple. Kamu boleh langsung datang ke Ditjen HKI. Tapi, saya tampilkan sejumlah formulir yang musti kamu isi. Jika kamu salah mengisi formulir yang tersedia, ada bisa jadi bahwa permohonan kamu untuk memperoleh hak merek bakal ditolak. Di Indonesia sendiri, terdapat banyak pebisnis kecil atau besar yang datang ke ditjen HKI, tapi permohonan mereka ditolak sebab mereka malah tidak tahu merk yang ingin didaftarkan juga merek dagang, jasa ataupun kolektif.

Beberapa merk juga tidak dapat didaftarkan sebab mereknya yang persis dengan merk yang telah ada. Dari hal itu, kita dapat simpulkan jika kita musti menciptakan merk yang sungguh-sungguh original. Janganlah menciptakan merk yang tulisannya menyerupai dengan merk produk lainnya. Jangan membuat merk yang desainnya persis dengan merk produk lain. Juga, janganlah menciptakan merk yang konsepnya menyerupai dengan merk produk lain. Jika kamu menciptakan satu merk yang mempunyai kesamaan visual, konsep, serta tulisan dengan merk produk lain, ada kemungkinan merk kamu bakal ditolak Ditjen HKI serta nantinya merk itu bakal menjadikan kamu ikut andil dalam masalah. Ya, bagaimana pun juga makna perlindungan merk sangatlah penting. Jadi bila kamu meniru brand yang telah ada dan merk itu mendapat perlindungan merk, maka kamu bakal digugat atas kasus pelanggaran hak cipta.

Hak Paten

Saat ini, kamu barangkali telah mengerti arti perlindugan merek serta seperti apa cara memperolehnya. Yang jelas, perlindungan merek bakal menjadikan merk kita tidak bakal gampang dicuri orang. Seperti yang kita tahu, merk bukan sebatas susunan huruf serta gambar, tapi lebih dari itu. Merek merupakan sebuah hal yang bernilai untuk memasarkan produk. Merek pun merupakan alat untuk menjadi pembeda produk kita dengan produk yang lainnya. Dengan merk, pengunjung bakal gampang mengenali produk kita. Ketika merk produk kita telah dikenal, disini lah tantangan kita yang sesungguhnya.  Bakal ada banyak pebisnis yang berminat untuk memakai merk dagang kita untuk mendompleng kepopuleran produk mereka. Jadi, tentukan kamu telah mendaftar merek produk kamu supaya merk itu tidak bakal dititru orang. Kalaupun ditiru, kamu dapat langsung menggugat pihak peniru supaya dituntut dengan sanksi yang sudah ditentukan didalam aturan perundang-undangan.

Sebetulnya, terdapat banyak kasus pelanggaran hak merk yang merugikan pihak pemilik merk itu, seperti saja kasus Puma dan Numa. Numa tersengar semacam Puma, dan bisa saja pelanggan Puma beranggapan produk Numa adalah produk yang serupa dengan Puma. Nyatanya, kualitasnya barangkali jauh dari Puma. Ketika hal ini terjadi, pastinya pihak Puma bakal merugi. Disamping kasus itu, terdapat kasus lainnya semacam kasus Rexona dengan Roxana, Adidas dan Adadis, Play Station dan Poly Station, Oreo dengan Oriorio, dan banyak lagi. Untuk melakukan pencegahan kasus pelanggaran merk, pastinya seluruh pebisnis harus tahu benar mengenai arti perlindungan merk usaha supaya mereka dapat mempunyai merk yang murni original serta tidak gampang meniru merk produk yang dimiliki oleh perusahaan lain.

Artikel

Related Articles

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.